Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apa Saja Dokumen Persyaratan Untuk Mendaftar Sebagai Auditor ?

Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan ketikan melakukan pendaftaran auditor :

  1. Surat Permohonan Pengakuan sebagai Auditor SMPI.;
  2. Ijazah Pendidikan Terakhir (min. S1 semua jurusan);
  3. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV).;
  4. Sertifikat kelulusan uji kompetensi di bidang keamanan informasi.;
  5. Sertifikat kelulusan uji kompetensi sebagai Lead Auditor/Auditor ISO 27001 terkini.;
  6. Dokumen yang menyatakan masa pengalaman kerja di bidang TI (kontrak kerja, surat keputusan, surat penugasan dll).;
  7. Dokumen yang menyatakan jumlah audit ISO 27001 dan jumlah waktu (jam) audit yang telah dilakukan (kontrak kerja, surat keputusan, surat penugasan, dll).;
  8. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baik lisan maupun tertulis.;
  9. Kartu Identitas diri (bagi WNI wajib menggunakan KTP dan WNA wajib menggunakan paspor).;
Apa Saja Dokumen Persyaratan Untuk Mendaftar Sebagai Implementor ?
  1. Surat Permohonan Pengakuan Sebagai Implementor SMPI;
  2. Ijazah Pendidikan Terakhir (min. S1 Semua Jurusan);
  3. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV);
  4. Sertifikat Kelulusan Uji Kompetensi di Bidang Keamanan Informasi;
  5. Sertifikat Kelulusan Uji Kompetensi Sebagai Implementor ISO 27001;
  6. Dokumen yang menyatakan masa pengalaman kerja di bidang TI (kontrak kerja, surat keputusan, surat penugasan, dll);
  7. Dokumen yang menyatakan masa pengalaman kerja di bidang keamanan informasi (kontrak kerja, surat keputusan, surat penugasan, dll);
  8. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baik lisan maupun tertulis;
  9. Kartu Identitas Diri (bagi WNI wajib menggunakan KTP dan WNA wajib menggunakan paspor).
Apa Saja Dokumen Persyaratan Untuk Mendaftar Sebagai Lembaga Sertifikasi ?
  1. Surat Permohonan Pengakuan sebagai Lembaga Sertifikasi SMPI yang Ditandatangani oleh Direktur;
  2. Akte Pendirian Perusahaan;
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Bidang Dagangan Utama Jasa Sertifikasi Standar Mutu;
  4. Surat Keterangan Domisili;
  5. Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN);
  6. Surat Pernyataan Lembaga Sertifikasi yang Ditandatangani Pimpinan Tertinggi;
  7. Daftar Auditor Tetap (Minimal Satu Orang);
  8. Daftar Anggota Tim Pengambil Keputusan Sertifikasi;
  9. Laporan Hasil Audit ISO 27001 yang telah dilakukan selama 1 tahun terakhir;
Apa Saja Dokumen Persyaratan Untuk Mendaftar Sebagai Lembaga Konsultan ?
  1. Surat Permohonan Pengakuan Sebagai Lembaga Konsultasi SMPI yang Ditandatangani oleh Direktur;
  2. Akte Pendirian Perusahaan;
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Bidang Dagangan Utama Jasa Konsultan Teknologi Informasi;
  4. Surat Keterangan Domisili;
  5. Daftar Anggota Tim Implementor (Minimal satu orang berjenjang implementor madya/utama);
  6. Laporan Hasil Implementasi ISO 27001 yang telah dilakukan selama 1 tahun terakhir;
Apa Calon Pendaftar Dapat Melakukan Pendaftaran terhadap 4 Role ?

Seseorang dapat melakukan pendaftaran sebagai auditor, implementor, lembaga sertifikasi dan lembaga konsultan.

Apa Syarat Penting yang Harus Dilakukan Oleh Lembaga Sertifikasi yang Akan Melakukan Pendaftaran SMPI ?

Lembaga Sertifikasi harus mendaftarkan minimal 1 (satu) auditornya sebagai auditor SMPI karena saat melakukan pendaftaran maka Lembaga Sertifikasi harus memasukkan nomor ID (tanda daftar) salah satu auditor SMPI.

Bagaimana Format Surat Permohonan Pengakuan Lembaga Sertifikasi ?
  • Format Surat Permohonan mengikuti format 2 lampiran Permenkominfo No. 4 Tahun 2016 tentang SMPI;
  • Ditandatangani oleh Direktur Utama; 
Bagaimana Format Surat Pernyataan Lembaga Sertifikasi ?
  • Format Surat Pernyataan mengikuti format 3 Lampiran Permenkominfo No. 4 Tahun 2016 tentang SMPI;
  • Ditandatangani oleh Direktur Utama;
Bagaimana Format Surat Permohonan Pengakuan dan Surat Pernyataan Sebagai Auditor / Implementor ?

Format tersebut dapat mengikuti format 2 dan 3 di lampiran Permenkominfo No. 4 Tahun 2016 tentang SMPI dan ditandatangani oleh calon pendaftar. Penomoran surat bisa mengikuti penomoran surat instansi / pribadi.

Apa Saja Sertifikat Kelulusan Uji Kompetensi di Bidang Keamanan Informasi ?

Sertifikat-sertifikat yang dimaksud antara lain CISA, CISM, CEH, CISSP, ECHI, dan sertifikat di bidang keamanan informasi lainnya.