Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apa Itu Sistem Whitelist Nusantara ?

Sistem Whitelist Nusantara merupakan Sistem yang dibangun untuk menyediakan akses internet hanya pada konten yang bermanfaat untuk kepentingan dunia pendidikan dasar dan menengah. Sistem ini dilakukan melalui penapisan (filtering), dimana hanya situs-situs dengan domain yang masuk ke dalam daftar yang dapat diakses. Daftar ini kemudian disebut dengan daftar Whitelist Nusantara, dengan adanya sistem ini peserta didik dipastikan mengakses hanya konten-konten yang diperlukan untuk dunia Pendidikan.

Bagaimana Sistem Whitelist Nusantara Bekerja ?

Sistem Whitelist Nusantara bekerja dengan penapisan Domain Name System (DNS), Domain yang sudah melalui pemeriksaan oleh Tim Kominfo dan Tim Panel akan menjadi basis data yang dapat diakses oleh siswa/pelajar di sekolah.

Bagaimana Cara Menggunakan Sistem Whitelist Nusantara ?

Sistem Whitelist Nusantara dapat di gunakan dalam 2 cara, yaitu digunakan pada komputer pribadi (PC) ataupun pada jaringan internet sekolah, selain itu Sistem Whitelist Nusantara dapat juga diterapkan di rumah masing-masing. Dan penggunaannya dapat diatur sesuai kebutuhan (ex : penerapan hanya pada laboratorium komputer sekolah, semua akses yang diberikan kepada siswa atau seluruh jaringan sekolah).

Sasaran Pengguna Sistem Whitelist Nusantara ?

Sistem Whitelist Nusantara di peruntukkan bagi para pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat serta pondok pesantren. Dan tidak tertutup kemungkinan juga jika ingin di gunakan pada rumah masing-masing.

Keuntungan Menggunakan Sistem Whitelist Nusantara ?

Semua data yang akan masuk daftar Whitelist Nusantara telah melalui 2 kali proses penyaringan sehingga konten-konten yang disajikan layak untuk diakses oleh anak/pelajar.

Siapakah yang Menentukan Domain Sistem Whitelist Nusantara ?

Setiap domain yang diajukan akan melalui 2 kali proses penyaringan, yaitu penyaringan oleh Tim Kominfo dan Rapat Tim Panel yang terdiri dari beberapa Kementerian/Lembaga/Praktisi terkait pendidikan.

Apakah Membutuhkan Peralatan Tambahan untuk Menggunakan Whitelist ?

Sistem Whitelist Nusantara dapat diterapkan hanya dengan mengganti pengaturan alamat DNS pada masing-masing komputer atau pada router jaringan.

Apakah Menggunakan Whitelist Dapat Menambah Beban Kerja Internet ?

Pada dasarnya penggunaan Sistem Whitelist Nusantara tidak akan mempengaruhi kinerja/kecepatan internet. Untuk beberapa kasus, penerapan Sistem Whitelist Nusantara dapat memperingan kinerja router (Mikrotik) pada sekolah dibandingkan dengan membuat banyak rule untuk memblokir beberapa situs.