Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apakah itu Sensor Malware ?

Sensor Malware adalah perangkat yang digunakan untuk memantau serangan siber terutama malware yang menyerang suatu instansi.

Apa Fungsi Dari Sensor Malware ?

Sensor Malware yang digunakan disini adalah honeynet. Sesuai dengan namanya, honeynet ini adalah sebuah sistem jebakan yang dibuat untuk menjebak hacker. Dimana dengan perangkat honeypot ini, dibuat sebuah sistem dengan banyak vulnerability, sehingga akan mengecoh hacker untuk tidak menyerang sistem existing.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Dari Pemasangan Sensor Malware ?
  1. Kita dapat mengetahui tren serangan hacker, port berapa saja yang banyak diserang, negara mana yang paling banyak menyerang, IP Address penyerang, serta apa saja malware yang dikirim oleh hacker tersebut.
  2. Hasil tangkapan malware dari honeypot ini dapat digunakan untuk bahan riset oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi yang mengambil riset dibidang Keamanan Informasi.
  3. Masing-masing kontributor honeynet akan diberikan akun sehingga mereka bisa melihat data hasil serangan yang masuk ke instansinya masing-masing melalui sebuah Dashboard.
Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Sensor Malware ?

Instansi Pemerintahan dan Perguruan Tinggi

Bagaimana Cara Mendapatkan Sensor Malware Tersebut ?

Untuk pengajuan permohonan pemasangan sensor Honeypot bisa dengan mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Direktur Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan perihal untuk permohonan penempatan Sensor Honeypot yang ditandatangani oleh Sekda/Kepala Dinas atau Ketua Jurusan/Prodi.

Apa Saja Persyaratan Khusus dari Suatu Instansi yang Akan Menempatkan Sensor Malware ?
  1. Memiliki 2 orang yang mengerti dasar IT (1 sebagai PIC dan 1 sebagai cadangan);
  2. memiliki minimal 1 IP Address (1 block 8 IP Address akan lebih baik);
  3. Ruang Server (dimana pendingin ruangan bisa hidup 24 jam);
  4. Listrik (<100watt) didukung dengan kapasitas UPS yang cukup.;
Bagaimana Status Terhadap Perangkat Sensor Malware Tersebut ?
  1. Perangkat Honeypot yang diterima pemohon adalah berstatus peminjaman dari Kominfo kepada pemohon (Kominfo mempunyai hak penuh atas kepemilikan perangkat tersebut);
  2. Kominfo mempunyai hak penuh untuk menarik perangkat Honeypot tersebut dari lokasi pemohon apabila dirasakan perangkat Honeypot tersebut tidak digunakan sesuai tujuan;
  3. Pemohon berkewajiban untuk memelihara perangkat tersebut dengan baik sehingga dapat berfungsi dengan baik dan menyerahkan kembali kepada Kominfo apabila memang perangkat tidak digunakan lagi.;
Apakah Ada Biaya Tambahan yang Dikenakan Kepada Suatu Instansi, Jika Ingin Menggunakan Sensor Malware Tersebut ?

Instansi tidak dikenakan biaya apapun, semua disediakan secara gratis oleh Kominfo.