Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apa Dasar Hukum Pendaftaran PSE Lingkup Privat?
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
  2. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat


Sistem Elektronik seperti apa yang wajib didaftarkan ?

Portal, situs, atau aplikasi dalam jaringan melalui internet yang dipergunakan untuk:

  1. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa;
  2. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan;
  3. Pengiriman materi atau muatan digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara unduk melalui portal atau situs, pengiriman lewat surat elektronik, atau melalui aplikasi lain ke perangkat pengguna;
  4. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial;
  5. Layanan mesin pencari, layanan penyediaan Informasi Elektronik yang berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, musik, video, film, dan permainan atau kombinasi dari sebagian dan/atau seluruhnya; dan/atau
  6. Pemrosesan Data Pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas Transaksi Elektronik.
Apa Saja Persyaratan untuk Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?

Merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat Pasal 3, Pengajuan Permohonan pendaftaran dilakukan dengan mengisi informasi yang benar mengenai:

  1. Gambaran umum pengoperasian Sistem Elektronik;
  2. Kewajiban untuk memastikan keamanan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;
  3. Kewajiban melakukan pelindungan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan; dan
  4. Kewajiban untuk melakukan uji kelaikan Sistem Elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
Apa yang dimaksud gambaran umum pengoperasian sistem elektronik pada persyaratan pendaftaran PSE lingkup privat ?

Informasi gambaran umum pengoperasian sistem elektronik, terdiri atas:

  1. Nama Sistem Elektronik;
  2. Sektor Sistem Elektronik;
  3. Uniform resource locator (URL) website;
  4. Sistem nama domain (domain name system) dan/atau alamat internet protocol (IP) server;
  5. Deskripsi model bisnis;
  6. Deskripsi singkat fungsi Sistem Elektronik dan proses bisnis Sistem Elektronik;
  7. Keterangan Data Pribadi yang diproses;
  8. Keterangan lokasi pengelolaan, pemrosesan, dan/atau penyimpanan Sistem Elektronik dan Data Elektronik; dan
  9. Keterangan yang menyatakan bahwa PSE lingkup privat menjamin dan melaksanakan kewajiban pemberian akses terhadap Sistem Elektronik dan Data Elektronik dalam rangka memastikan efektivitas pengawasan dan penegakan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Bagaimana Tahapan Proses Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?

Tahapan proses pendaftaran PSE lingkup privat, terdiri atas:

  1. Pengajuan permohonan pendaftaran PSE lingkup privat dilakukan melalui OSS, kecuali yang ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.
  2. Setelah menyelesaikan pengurusan izin OSS, pendaftar akan memperoleh e-mail berisi link aktivasi dan id berupa username dan password untuk log in pada sistem pendaftaran PSE di Kominfo.
  3. Pendaftar mengisikan persyaratan pendaftaran sebagaimana tercantum pada jawaban pertanyaan nomor 2 (dua) dan nomor 3 (tiga) di atas.
  4. Pendaftar mengirim permohonan pendaftaran dengan menekan tombol kirim setelah memastikan segala informasi yang diisikan benar.
  5. Tanda daftar PSE akan ditandatangani secara elektronik dalam 1x24 jam di hari kerja.
  6. Pendaftar dapat mengunduh dan mencetak tanda daftar PSE yang telah ditandatangani secara elektronik.

*Panduan dan tahapan pendaftaran PSE lingkup privat lebih detail dapat dilihat pada tautan berikut "https://komin.fo/pendaftaranpseprivat"

Berapa Lama Proses Verifikasi ?

Pengajuan pendaftaran PSE lingkup privat yang telah lengkap, akan ditandatangani secara elektronik dalam waktu 1x24 jam di hari kerja.

Apakah Manfaat Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?
  1. Manfaat pendaftaran PSE lingkup privat adalah mewujudkan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yang andal, aman, terpercaya dan bertanggung jawab.
  2. *Manfaat bagi PSE yang terdaftar:
    1. Tercatat dalam Tanda Daftar PSE sehingga teridentifikasi secara jelas di laman (https://layanan.kominfo.go.id)
    2. Lebih dipercaya masyarakat
    3. Membangun pemetaan ekosistem Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
    4. Tanda bukti telah resmi terdaftar di Kominfo
  3. *Manfaat bagi Masyarakat:
    1. Masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai Penyelenggara dan Sistem Elektronik yang sudah terdaftar sebagai PSE di laman (https://layanan.kominfo.go.id) pada Menu "Direktori" ->  "Penyelenggara Sistem Elektronik Terdaftar"
    2. Meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu PSE
    3. Masyarakat menjadi lebih cerdas dan hati-hati untuk melakukan transaksi melalui informasi tanda daftar PSE
Bagaimana Regulasi/Kebijakan Tentang Penempatan Data Center di Indonesia dalam Pendaftaran Ini ?

Pengaturan mengenai lokasi pengelolaan, pemrosesan, dan/atau penyimpanan Sistem Elektronik dan Data Elektronik yang dilakukan oleh PSE Lingkup Privat merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik Pasal 21.

Apakah PSE Lingkup Privat dapat dikenai sanksi administratif oleh Kominfo ?

PSE lingkup privat dapat dikenai sanksi administratif, jika:

  1. Tidak melakukan pendaftaran.
  2. Telah mempunyai tanda daftar tetapi tidak melaporkan perubahan terhadap informasi pendaftaran.
  3. Tidak memberikan informasi pendaftaran dengan benar.
  4. Terdapat permohonan dari Kementerian atau Lembaga atas dasar pelanggaran peraturan perundang-undangan
Bagaimana langkah normalisasi terhadap sistem elektronik yang telah diputus aksesnya ?

Normalisasi terhadap sistem elektronik yang telah diputus aksesnya dapat dilakukan jika:

  1. PSE Lingkup Privat telah memenuhi ketentuan pendaftaran.
  2. Telah melakukan pembaharuan informasi pendaftaran dengan benar, dan/atau
  3. Melakukan pendaftaran ulang dengan memberikan informasi pendaftaran dengan benar.
Bagaimanakah Prosedur untuk Melakukan Perubahan Data Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?
  1. Proses Perubahan Data Pendaftaran PSE Lingkup Privat dapat dilakukan sendiri oleh pendaftar melalui Menu "Kelola Data Penyelenggara Sistem Elektronik" di laman (https://layanan.kominfo.go.id)
  2. Data pendaftaran PSE yang dapat diubah pada laman layanan kominfo mencakup gambaran umum pengoperasian sistem elektronik. Adapun perubahan data Entitas PSE hanya dapat dilakukan melalui laman (https://oss.go.id).

*Panduan dan tahapan perubahan data pendaftaran PSE Lingkup Privat lebih detail dapat dilihat pada tautan berikut "https://komin.fo/pendaftaranpseprivat"