Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apa Dasar Hukum Pendaftaran PSE Lingkup Privat?
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
  2. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat


Sistem Elektronik seperti apa yang wajib didaftarkan ?

Portal, situs, atau aplikasi dalam jaringan melalui internet yang dipergunakan untuk:

  1. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa;
  2. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan;
  3. Pengiriman materi atau muatan digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara unduk melalui portal atau situs, pengiriman lewat surat elektronik, atau melalui aplikasi lain ke perangkat pengguna;
  4. Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial;
  5. Layanan mesin pencari, layanan penyediaan Informasi Elektronik yang berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, musik, video, film, dan permainan atau kombinasi dari sebagian dan/atau seluruhnya; dan/atau
  6. Pemrosesan Data Pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas Transaksi Elektronik.
Apa Saja Persyaratan untuk Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?

Merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat Pasal 3, Pengajuan Permohonan pendaftaran dilakukan dengan mengisi informasi yang benar mengenai:

  1. Gambaran umum pengoperasian Sistem Elektronik;
  2. Kewajiban untuk memastikan keamanan informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;
  3. Kewajiban melakukan pelindungan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan; dan
  4. Kewajiban untuk melakukan uji kelaikan Sistem Elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.
Apa yang dimaksud gambaran umum pengoperasian sistem elektronik pada persyaratan pendaftaran PSE lingkup privat ?

Informasi gambaran umum pengoperasian sistem elektronik, terdiri atas:

  1. Nama Sistem Elektronik;
  2. Sektor Sistem Elektronik;
  3. Uniform resource locator (URL) website;
  4. Sistem nama domain (domain name system) dan/atau alamat internet protocol (IP) server;
  5. Deskripsi model bisnis;
  6. Deskripsi singkat fungsi Sistem Elektronik dan proses bisnis Sistem Elektronik;
  7. Keterangan Data Pribadi yang diproses;
  8. Keterangan lokasi pengelolaan, pemrosesan, dan/atau penyimpanan Sistem Elektronik dan Data Elektronik; dan
  9. Keterangan yang menyatakan bahwa PSE lingkup privat menjamin dan melaksanakan kewajiban pemberian akses terhadap Sistem Elektronik dan Data Elektronik dalam rangka memastikan efektivitas pengawasan dan penegakan hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Bagaimana Tahapan Proses Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?

TAHAP 1 - PRASYARAT PENDAFTARAN PSE LINGKUP PRIVAT DOMESTIK
1. Menyelesaikan proses pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB)
2. Menyelesaikan proses pengajuan ijin Berusaha terkait
3. Memiliki kode KBLI yang sesuai untuk pengajuan Pendaftaran PSE Lingkup Privat Domestik

TAHAP 2 - PENDAFTARAN PSE MELALUI OSS
Pengajuan permohonan pendaftaran PSE Lingkup Privat dilakukan melalui OSS pada menu Perizinan Berusaha Untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB-UMKU), kecuali yang ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan

TAHAP 3 - CETAK TANDA DAFTAR PSE LINGKUP PRIVAT (TDPSE)
Anda dapat mengunduh dan/atau mencetak tanda daftar PSE yang telah ditandangani secara elektronik dengan melakukan login kembali ke laman oss[.]go[.]id setelah melakukan konfirmasi permohonan dengan mengklik tautan yang tersedia pada email konfirmasi

TAHAP 4 - PROSES PENDAFTARAN SELESAI
Sistem elektronik telah tercatat dalam list PSE terdaftar di Kominfo pse[.]kominfo[.]go[.]id

Berapa Lama Proses Verifikasi ?

Pengajuan pendaftaran PSE lingkup privat yang telah lengkap dan telah dikonfirmasi akan secara otomatis langsung menerbitkan Tanda Daftar PSE Lingkup Privar (TDPSE) yang ditandatangani secara elektronik

Apakah Manfaat Pendaftaran PSE Lingkup Privat ?
  1. Manfaat pendaftaran PSE lingkup privat adalah mewujudkan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yang andal, aman, terpercaya dan bertanggung jawab.
  2. *Manfaat bagi PSE yang terdaftar:
    1. Tercatat dalam Tanda Daftar PSE sehingga teridentifikasi secara jelas di laman (https://layanan.kominfo.go.id)
    2. Lebih dipercaya masyarakat
    3. Membangun pemetaan ekosistem Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
    4. Tanda bukti telah resmi terdaftar di Kominfo
  3. *Manfaat bagi Masyarakat:
    1. Masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai Penyelenggara dan Sistem Elektronik yang sudah terdaftar sebagai PSE di laman (https://layanan.kominfo.go.id) pada Menu "Direktori" ->  "Penyelenggara Sistem Elektronik Terdaftar"
    2. Meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu PSE
    3. Masyarakat menjadi lebih cerdas dan hati-hati untuk melakukan transaksi melalui informasi tanda daftar PSE
Bagaimana Regulasi/Kebijakan Tentang Penempatan Data Center di Indonesia dalam Pendaftaran Ini ?

Pengaturan mengenai lokasi pengelolaan, pemrosesan, dan/atau penyimpanan Sistem Elektronik dan Data Elektronik yang dilakukan oleh PSE Lingkup Privat merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik Pasal 21.

Apakah PSE Lingkup Privat dapat dikenai sanksi administratif oleh Kominfo ?

PSE lingkup privat dapat dikenai sanksi administratif, jika:

  1. Tidak melakukan pendaftaran.
  2. Telah mempunyai tanda daftar tetapi tidak melaporkan perubahan terhadap informasi pendaftaran.
  3. Tidak memberikan informasi pendaftaran dengan benar.
  4. Terdapat permohonan dari Kementerian atau Lembaga atas dasar pelanggaran peraturan perundang-undangan
Bagaimana langkah normalisasi terhadap sistem elektronik yang telah diputus aksesnya ?

Permohonan normalisasi atas sistem elektronik dengan status tengah diputus aksesnya dapat dilakukan dengan mengirim email ke aduanpseprivat@mail.kominfo.go.id .

Normalisasi terhadap sistem elektronik yang telah diputus aksesnya dapat dilakukan jika:

  1. PSE Lingkup Privat telah memenuhi ketentuan pendaftaran.
  2. Telah melakukan pembaharuan informasi pendaftaran dengan benar, dan/atau
  3. Melakukan pendaftaran ulang dengan memberikan informasi pendaftaran dengan benar.
Apakah Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat dikenakan biaya ?

Seluruh proses Pendaftaran PSE Lingkup Privat sampai dengan penerbitan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) Lingkup Privat tidak dikenakan biaya dalam bentuk apapun.