Halo, ada yang bisa kami bantu?
Bagaimanakah Caranya untuk Mendapatkan Akun SiMaya V5 di Simaya.go.id ?

Untuk mendapatkan akun SiMaya dapat melakukan permohonan dan melampirkan surat permohonan yang ditujukan kepada Direktur e-Government, perihal permohonan akun SiMaya V5 melalui situs ini.

Apakah Aplikasi SiMaya Dapat Mencoba Langsung Secara Online ?

Bisa.

Dengan menggunakan akun demo yang bisa diminta melalui website ini dengan melampirkan Surat Permohonan Akun Demo.

Setelah Surat Permohonan Dikirim Lalu Apa yang Harus Dilakukan ?

Tim Layanan SiMaya akan segera mengirimkan Username dan Password untuk admin lokal pemohon beserta buku panduan manual untuk admin dan user ke email pemohon, sehingga dapat langsung digunakan oleh pemohon.

Bagaimanakah Langkah-Langkah Setelah Mendapatkan Akun SiMaya.go.id ?
  • Setiap pemohon akan diberikan 1 (satu) akun admin lokal;
  • Setelah itu admin lokal / Pemda berkewajiban membuatkan admin unit / OPD untuk Struktur Organisasi, Jabatan dan user di daerahnya dan diserahkan sesuai OPD;
  • Untuk admin unit / OPD berkewajiban membuatkan struktur organisasi, jabatan dan user untuk pengguna yang ada di OPD nya masing-masing;
Bagaimana Prosedur Untuk Sosialisasi dan Bimbingan Teknis ?

Untuk sosialisasi dan bimtek bisa diadakan di Kementerian dan di daerah, dengan melampirkan Surat Permohonan dari Pemda perihal permohonan narasumber untuk implementasi aplikasi SiMaya yang ditujukan ke Direktur e-Government melalui website ini.

Apakah Bisa SiMaya V5 di SiMaya.go.id Untuk Diterapkan di Server Daerah ?

Tidak Bisa, pemohon hanya perlu menggunakan via cloud sehingga memudahkan pemda setempat terhubung ke pemda yang sudah menggunakan SiMaya.

Apakah Dasar Implementasi SiMaya Ini ?

PERMENPAN No. 6 Tahun 2011 Mengenai Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Bagaimana Format Tata Naskah Dinas Elektronik SiMaya ?

Mengacu ke Surat Edaran MENPAN dan RB No. 5 Tahun 2013 Tentang Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada Instansi Pemerintah.

Bagaimana Struktur Pengguna Aplikasi SiMaya ?

Pengguna SiMaya dapat digolongkan menjadi 6, antara lain :

  1. Admin Root (Kominfo);
  2. Admin Lokal (Instansi Pemohon SiMaya);
  3. Admin Unit (OPD);
  4. Pimpinan (es 1, es 2, es 3, es 4);
  5. Tata Usaha (Staf TU/Agendaris);
  6. Staf
Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi SiMaya Berbasis Cloud ?

Dengan SiMaya berbasis Cloud, Instansi Pemohon tidak perlu lagi melakukan investasi server, jaringan dan SDM pengelola server. SiMaya langsung dapat diakses semudah mengakses situs web.

Fitur Apa Saja yang Ada di Aplikasi SiMaya ?

Fitur-fitur SiMaya untuk saat ini mencakup semua hal yang berkaitan dengan persuratan, seperti mengirim dan menanggapi disposisi, membuat surat inisiatif, melacak posisi surat dan mencari surat.

Apakah Pengguna SiMaya Harus PNS ?

Pengguna aplikasi SiMaya bukan hanya PNS, melainkan honorer atau tenaga harian lepas yang biasa membantu proses persuratan bisa di buatkan akun oleh admin SiMaya.